Customer Service Sun-Sat: 24 Hours

Sejarah Pulau Lombok

Sejarah Pulau Lombok


Sejarah pulau lombok ini sengaja saya upload ke web sederhana ini supaya para pengunjung lebih tau tentang pulau lombok. Terkadang para wisatawan yang berkunjung ke lombok tidak mengetahui informasi tentang pulau lombok yang sebenarnya. Banyak faktor yang menyebabkan mereka tidak mengetahui salah satunya karena mereka ketika liburan di lombok tidak ditemani oleh tour guide. Untuk menjadikan liburan Anda di lombok lebih berkesan kami mnyarankan Anda sebaiknya menggunakan jasa sewa mobil di lombok dari kami. Jasa sewa mobil lombok yang kami tawarakan sudah termasuk BBM dipandu oleh driver sekaligus menjadi tour guide Anda.

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa sewa mobil di Lombok yang kami tawarkan.

Hp : 08592111600
WA : 08592111600
Pin BB : 5CA76F81

Asal Kata Lombok dan Sasak

Lombok dan Sasak adalah dua nama yang tidak bisa dipisahkan. Nama Lombok untuk sebutan pulaunya, nama Sasak untuk sebutan suku bangsanya. Lombok berasal dari bahasa Sasak; “lomboq” artinya “lurus”. Sasak sebenarnya berasal dari “sak-sak” yang artinya “perahu bercadik”.

Namun, banyak orang yang salah mengerti. Lombok diartikan “cabe” sehingga ada yang mengartikan pulau Lombok sebagai “pulau pedas”. Padahal cabe dalam bahasa Sasak adalah “sebia” (dibaca “sebie”)

Adat & Tradisi Pulau Lombok

Adat dan tradisi masyarakat di Pulau Lombok ini sangat banyak sekali salah satunya tradisi masyarakat pulau lombok yang akan melangsungkan pernikahahan. Adat masyarakat pulau lombok yang ingin melangsungkan pernikahan pemuda (Bajank) diharuskan untuk mencuri wanita pujaan (Dedara) dengan maksud untuk dinikahi.

Tradisi Nyongkolan

Tradisi Masyarakat Pulau Lombok

Contoh budaya Sasak lainnya nampak pada acara nyongkolan, yakni salah satu rangkaian dari upacara pernikahan. Nyongkolan berupa arak-arakan rombongan pengantin dari rumah mempelai pria menuju rumah pengantin wanita. Rombongan pengantin ini akan diiringi dengan tabuhan musik tradisional Sasak yang disebut Gendang Beleq. Proses ini biasanya dilakukan menjelang sore pada hari Sabtu dan Minggu.

Adapun tetabuhan Gendang Beleq dimaksudkan agar iring-iringan menarik perhatian masyarakat sehingga tujuan nyongkolan tercapai yakni memperkenalkan pasangan pengantin kepada masyarakat sekitar. Selain itu, Gendang Beleq juga berfungsi untuk mengiringi acara ngurisang (potong rambut bayi), ngitanang (sunatan), begawe beleq (upacara besar), ataupun untuk acara festival seperti ulang tahun kota atau provinsi. Sedangkan di zaman dulu, Gendang Beleq berfungsi sebagai musik perang yang mengiringi ksatria Lombok saat berangkat atau pulang dari medan laga.

Keunggulan Kami

  • Online Booking System
  • Service terbaik dikelasnya
  • Armada yang aman dan nyaman
  • Driver professional dan ramah
  • Harga rental mobil yang terjangkau
  • Free Wifi
  • Free Water Drinking
  • Garansi Uang Kembali Jika Tidak Memuaskan
Pengunjung Bulan Ini
Flag Counter
Pembayaran
Bank Mandiri
1610001884613
Muh Alwi Suryadi